AC Milan Resmi Pecat Marco Giampaolo

AC Milan Resmi Pecat Marco Giampaolo

AC Milan akhirnya secara resmi memecat Marco Giampaolo. Mantan pelatih Sampdoria tersebut menjadi pelatih paling cepat yang dipecat dalam sejarah klub.

Giampaolo di pecat setelah performa AC Milan yang dianggap buruk setelah tujuh pekan di Serie A. Dari 7 pertandingan, Giampaolo hanya sanggup membawa Milan meraih 9 poin dan duduk di posisi ke-13.

Sepanjang tujuh laga tersebut, I Rossoneri hanya dapat meraih tiga kemenangan dan sisanya berujung pada kekalahan. Milan bahkan hanya dapat mencetak enam gol dan kebobolan sembilan gol.

Giampaolo menjadi pelatih yang memiliki catatan jumlah pertandingan paling sedikit tanpa memasukan caretaker. Jika memasukan caretaker maka Giampaolo menempati posisi ke-5 pelatih dengan jumlah pertandingan paling sedikit.

4 pelatih lainnya adalah Gunnar Gren pada tahun 1953 dengan 2 pertandingan, Francesco Zagatti pada 1982 dengna jumlah pertandingan yang sama, Paolo Barison pada tahun 1976 dengan 5 pertandingan dan Daniele Angeloni pada tahun 1907 dengan 6 pertandingan.

Jumlah pertandingan Giampaolo bahkan setara dengan mantan pemain AC Milan, Cristian Brocchi yang menjadi caretaker pada 2016.

AC Milan Resmi Pecat Marco Giampaolo
AC Milan Resmi Pecat Marco Giampaolo

Pasca memecat Giampaolo, Milan telah menunjuk Stefano Pioli yang sebelumnya sempat menjadi pelatih Fiorentina. Pioli akan menandatangani kontrak dua tahun.

Sebelum resmi menekan kontrak, Pioli memang telah dirumorkan akan dikabarkan akan mengambil alih posisi dari Giampaolo sebagai pelatih I Rossoneri.

“AC Milan mengumumkan penunjukan Stefano Pioli menjadi pelatih baru dari tim utama,” tulis AC Milan pada situs resmi mereka.

“Stefano Pioli sekarang bergabung dengan AC Milan dengan kontrak dua tahun. Klun mengharapkan yang terbaik dari Stefano dan staff kepelatihannya dalam kinerja mereka,” ungkap AC Milan.

Pioli merupakan figur sepak bola Itali yang cukup berpengalaman. Pelatih berusia 53 tahun ersebut telah menangani beberapa klub Serie A.

Pioli dan mulai menjalani karier sebagai pelatih pada tahun 1999. Klub dari kota kelahirannya yaitu Parma merupakan klub profesional pertama yang ditangani oleh Pioli.

Dia kemudian melanjutkan karier di karier dibeberapa klub di Italia seperti Chievo Verona, Palermo, Bologna, Lazio, Inter Milan dan Fiorentina.

Keputusan AC Milan untuk memilih Pioli sebagai pelatih telah memancing kontroversi. Salah satunya adalah karena sang pelatih pernah menangani rival AC Milan, Inter Milan.