Prediksi Serie A Fiorentina vs Juventus 14 September 2019

Prediksi Serie A Fiorentina vs Juventus 14 September 2019

Salah satu laga panas dan klasik di Italia akan tersaji pekan yaitu Fiorentina melawan Juventus. Rivalitas kedua tim tidaklah disebabkan faktor geografis yaitu berasal satu kota atau perbedaan ideologi politik akan tetapi melainkan karena perkembangan persaingan di Italia yang melibatkan kedua tim dalam perebutan gelar juara dan pembajakan pemain.

Walaupun berstatus sebagai klub rival akan tetapi posisi kedua tim tidaklah sama. Musim ini Fiorentina hanya menghabiskan dana kurang lebih 30 juta euro untuk mendatangkan pemain baru berbanding terbalik dengan Juventus yang menghabiskan dana hingga 188 juta euro walaupun klub asal turun tersebut mendapatkan pendapatan 201 juta euro dari menjual pemainnya akan tetapi nilai transfer kedua tim tentunya sangat jauh.

Prediksi Serie A Fiorentina vs Juventus 14 September 2019
Prediksi Serie A Fiorentina vs Juventus 14 September 2019

Dua kekalahan pada laga awal ketika menghadapi Napoli dan Genoa tidaklah dapat menjadi gambaran bahwa Fiorentina pada musim ini akan menjadi musim yang buruk bagi mereka. Secara pemain skuad Vicenzo Montella ini telah berada di jalur yang tepat untuk dapat bertahan sebagai salah satu tim papan tengah Serie A. Pada laga melawan Genoa, kedua tim bermain cukup seimbang dengan sama-sama menghasilkan 17 shot sedangkan pada laga Melawan Napoli, Fiorentina cukup tampil merepotkan terutama pada 15 menit awal babak pertama.

Melawan Juventus, tentunya Chiessa dkk tidak boleh melakukan kesalahan terutama seperti saat menghadapi Genoa yaitu kebobolan 2 gol pada awal pertandingan. Pemain baru Erick Pulgar yang direkrut dari Bologna diharapkan akan kembali tampil seperti ketika menghadapi Napoli dan Genoa untuk dapat menjadi gol getter dari second line. Selain Pulgar, rekrutan baru Fiorentina lainnya yaitu Kevin-Prince Boateng juga diharapkan dapat menjadi tumpuan lini serang Fiorentina untuk mengacaukan lini pertahanan Juventus yang sedikit keropos karena absennya Chiellini. Penyerang muda Federico Chiesa pada pertandingan ini akan menjadi kunci utama bagi La Viola karena memiliki pergerakan yang cukup baik dari sisi kanan lapangan untuk melepaskan umpan silang ataupun menusuk pertahanan Juventus lain. Posisi penyerangan Chiesa akan menjadi vital bagi Fiorentina karena bek kiri Juventus yaitu Alex Sandro sering melakukan overlapping kedepan untuk membantu serangan sehingga sering menyebabkan pos tersebut kosong dan dapat dimanfaatkan oleh Fiorentina untuk melakukan serangan balik.

Juventus sendiri walaupun masih memperoleh poin sempurna akan tetapi kemenangan klub Turin tersebut tidaklah menyakinkan. Permainan yang disebut Sarri Ball sendiri juga belum terlihat pada dua pertandingan pertama. Kemenangan tipis dari Parma dan Napoli dianggap belum begitu cukup untuk klub sebesar Juventus. Terlebih pada pertandingan sebelumnya menghadapi Napoli, Juventus hampir saja tergelincir karena keunggulan 3 gol bisa dikejar oleh Napoli dalam waktu hanya 15 menit. Kemenangan tersebut diperparah karena gol kemenangan Juventus di hasilkan oleh gol bunuh diri dari Koulibaly pada akhir pertandingan.

Menghadapi tim yang memiliki sejarah rivalitas tentunya tidak akan menjadi pekerjaan mudah bagi Maurizio Sarri yang pada pekan ini sudah dipastikan akan berdiri di pinggir lapangan setelah absen pada dua pertandingan pertama karena pemulihan penyakit Pneumonia. Kembalinya Sarri diharapkan dapat mempertegas bentuk Sarri Ball yang ingin dia bentuk di Juventus terutama pada lini serang yang banyak dianggap memilih pemain yang salah seperti memilih Douglas Costa daripada Bernadeschi yang pada musim lalu menjadi salah satu pemain dengan assist terbanyak di Juventus. Selain itu, absennya Chiellini membuat lini pertahanan Juventus menjadi tidak solid. Transfer anyar musim ini yaitu Matthjis de Ligt kelihatannya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan permainan Juventus. Pemain muda asal Belanda ini dapat saja dia anggap sebagai pembelian gagal jika tidak segera beradaptasi dengan tim dan memperbaiki penampilannya karena dua dari tiga gol yang dihasilkan oleh Napoli berasal dari kesalahan dirinya memberikan luang bagi pemain Napoli.

Pertandingan ini akan menjadi momen bagi Juventus untuk mempertegas posisinya sebagai kandidat juara Serie A mengingat skuad yang mereka miliki dan juga transfer yang mereka lakukan untuk memperkuat skuad mereka. Fiorentina sendiri juga kemungkinan ingin meraih kemenangan atas Juventus yang terakhir kali mereka rasakan pada tahun 2017.

Perkiraan Pemain

Fiorentina (4-3-2-1) : Dragowski (GK), Milenkovic, Pezzella, Lirola, Raineri (DF), Badelj, Castrovilli, Pulgar, Scottil, Chiesa (MF), Boateng (FW)

Juventus (4-3-3) : Szczesny (GK), Bonucci, Rugani, Alex Sandro, Danilo (DF), Pjanic, Emre Can, Matuidi (MF), Bernardeschi, Ronaldo, Higuain (FW)