Simon McMenemy Panggil 24 Pemain Untuk Pemusatan Latihan Menghadapi Malaysia Dan Thailand

Simon McMenemy Panggil 24 Pemain Untuk Pemusatan Latihan Menghadapi Malaysia Dan Thailand

Pelatih Timnas Senior Indonesia, Simon McMenemy telah memanggil 24 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong pada 21 Agustus 2019. Simon McMenemy memulai persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia yang akan menghadapi Malaysia dan Thailand di Stadion Gelora Bung Karno pada 5 dan 10 September 2019.

Kiprah Timnas Indonesia pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dimulai pada bulan depan. Untuk mempersiapkan tim terbaik, Simon McMenemy melakukan pemusatan latihan untuk pertandingan yang akan dimainkan di Jakarta.

Pelatih berpaspor Skotlandia tersebut menjelaskan bahwa pemain yang dipanggil akan mengikuti pemusatan latihan adalah mereka yang dianggap saat ini merupakan pemain dengan penampilan paling optimal di liga dan mengetahui pengetahuan taktik dan formasik yang baik.

Simon McMenemy Panggil 24 Pemain Untuk Pemusatan Latihan Menghadapi Malaysia Dan Thailand
Simon McMenemy Panggil 24 Pemain Untuk Pemusatan Latihan Menghadapi Malaysia Dan Thailand

“Setelah berdiskusi dengan para asisten di Timnas mengenai siapa pemain yang akan dipanggil dan melakukan proses pemantauan melalui pertandingan di Liga 1 kami akhirnya mendapatkan 24 pemain yang akan dikumpulkan untuk mengikuti pemusatan latihan,” kata McMenemy.

“Kami mencari pemain yang dapat menjadi role model dan pemain yang dapat menjalankan intsruksi dari tim pelatih sekaligus dapat bermain dengan sistem yang kami terapkan. Kami untuk sementara ini menganggap bahwa pemain yang dipanggil memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga dapat bermain pada formasi yang berbeda dan dengan peran yang berbeda dengan yang mereka mainkan di liga,” kata pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Dalam 24 pemain yang dipanggil oleh McMenemy diantaranya adalah beberapa pemain naturalisasi sepeti Otavio Dutra, Stefano Lilipalu, Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Osas Saha dan Beto Goncalves.

Selain itu terdapat juga beberapa pemain langganan Timnas Indonesia seperti Awan Setho Raharjo, Andritany Ardhiyasa, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Andik Vermansyah, Yustinus Pae, Zulfiandi dan Evan Dimas.

Simon McMenemy juga memberikan kesempatan untuk beberapa permain yang sebelumnya pernah memperkuat Timnas Senior untuk mengikuti pemusatan latihan seperti Angga Saputro, Johan ALfarizi, Manahati Lestusen dan Ferdinand Sinaga.

Melihat pentingnya pertandingan menghadapi Malaysia dan Thailand pada awal September mendatang, Simon ingin para pemain lebih disiplin dan konsentrasi dalam bertahan.

“Dua pertandingan pertama adalah pertandingan penting karena dianggap derbi lokal antara tiga tim terkuat di Asia Tenggara. Kunci dari pertandingan ini nantinya akan ditentukan oleh tim mana yang dapat menguasai emosi yang mereka miliki. Penting untuk kami untuk tidak kebobolan. Cleansheet sangat penting pada dua pertandingan awal oleh karena itu kami harus berkonsentrasi selama 90-95 menit,” jelasnya.

Simon mengharapkan bahwa supporter dapat menjadi pemain ke-12 yang dapat memberikan kekuatan kepada Timnas dan tekanan terhadap tim lawan ketika menghadapi kedua rival di Asia Tenggara.

“Saya pernah menajdi pelatih asing yang bermain di Gelora Bung Karno melawan Timnas Indonesia. Perasaan ketika keluar dari lorong sungguh luar biasa dimana atmosfer langsung memberikan efek terhadap pertandingan tersebut. Kami tidak dapat berharap untuk menang dengan kekuatan kami sendiri akan tetapi membutuhkan dukungan dari para supporter. Tanggung Jawab bersama untuk dapat mengamankan kemenangan di dua pertandingan awal,” jelasnya.