Prediksi Premier League Southampton vs Manchester United 31 Agustus 2019

Prediksi Premier League Southampton vs Manchester United 31 Agustus 2019

Memasuki pekan ketiga Premier League, beberapa kejutan sudah terjadi salah satunya adalah Manchester United yang secara mengejutkan harus menerima kekalahan dari Crystal Palace di Old Trafford pada minggu lalu. Berbeda dengan pertandingan melawan Crystal Palace, minggu ini, lawan yang akan dihadapi adalah Southampton di St. Mary’s Stadium, kandang Southampton

Manchester United sesungguhnya memiliki semua faktor yang membuatnya menjadi unggulan, mulai dari sejarah pertandingan kedua tim hingga komposisi pemain yang dimiliki. Namun, terlepas dari semua faktor tersebut adalah faktra bahwa Manchester United tidaklah sama dengan Manchester United ketika merajai Premier League dulu. Bukti paling jelas adalah kekalahan ketika menghadapi Crystal Palace pekan lalu.

Prediksi Premier League Southampton vs Manchester United 31 Agustus 2019
Prediksi Premier League Southampton vs Manchester United 31 Agustus 2019

Secara materi pemain, sesungguhnya Southampton memiliki komposisi pemain yang secara kualitas tidak berbeda jauh dari Crystal Palace. Hal yang harus dilakukan Southampton adalah menerapkan taktik yang tepat ditambah dengan sedikit keberuntungan seperti yang dilakukan oleh Crystal Palace. Untuk aspek tersebut, Southampton tidaklah begitu buruk karena secara taktik mereka memiliki pelatih Raplh Hasenhüttl yang merupakan pelatih yang sukses membawa RB Liepzig menjadi tim papan atas di Bundesliga dengan mengorbitkan pemain seperti Tim Werner.

Untuk mengalahkan Manchester United, tentunya pelatih Hasenhüttl tidak dapat mengandalkan pola yang diterapkan oleh Crystal Palace karena taktik seperti itu hanya dapat bekerja efektif untuk 1 kali tidak 2 kali. Hal yang akan di adopsi oleh Southampton ini kemungkinan adalah prinsip bertahan yang dimana bertahan cukup rapat di seperempat daerahnya sendiri dikarenakan Manchester United sejauh ini mengalami krisis kreativitas di lini serang walaupun kerap menguasai permainan. Oriol Romeu dan James Ward-Prowse akan memainkan peran memperkuat lini pertahanan alih-alih mencoba melawan lini tengah Manchester United yang memiliki pemain sekelas Pogba. Berikutnya adalah kedua sisi lapangan juga akan menjadi fokus karena Manchester United memiliki pemain yang cukup agresif yang mengisi posisi tersebut seperti Rashford dan Wan-Bissaka. Keuntungan dari Southampton pada posisi sayap adalah pada pemain Manchester United yang tidak cukup baik dalam melakukan tusukan kedalam dari sayap seperti Liverpool atau Manchester City sehingga Southampton hanya perlu lebih fokus mengantisipasi umpan dari sisi lapangan.

Manchester United tentunya harus mempelajari alasan dibalik kekalahan 1-2 mereka dari Crystal Palace. Minimnya kreativitas pada lini serang menjadi alasan utama dari sulitnya Manchester United untuk mencetak gol. Pemain seperti Lingard sepertinya tidak cukup baik untuk menempati posisi dibelakang striker untuk menjadi sumber kreativitas lini depan Setan Merah. Kurangnya kreativitas ini juga semakin diperparah oleh monotonnya permainan dari sayap Manchester United yang jarang melakukan dribling berbahaya untuk menusuk pertahanan lawan dari sayap. Peran pemain sayap tersebut sesungguhnya cukup baik diperankan oleh Martial musim lalu akan tetapi musim ini dirinya diplot untuk menjadi penyerang tengah sehingga Rashford dan rekrutan baru, Daniel James yang mengisi posisi tersebut.

Untuk mengatasi masalah kreativitas tersebut, Solksjaer mungkin harus mempertimbangkan opsi pemain lain untuk posisi Lingard seperti Juan Mata yang terbukti memiliki kreativitas, visi bermain dan tentunya akurasi umpan yang lebih baik daripada Lingard. Lingard mungkin dapat dimenempati posisinya musim lalu sebagai sayap kanan karena memiliki dribling yang baik sehingga dapat melakukan tusukan dari sayap.

Pertandingan ini akan kembali menjadi pertandingan yang sulit untuk Manchester United jika, Solksjaer tidak mengubah pendekatan permainan yang dimilikinya. Southampton sendiri tentunya dapat belajar dari apa yang dilakukan oleh Crystal Palace pekan lalu dengan memanfaatkan titik lemah Setan Merah yang sejak musim lalu kesulitan bermain menghadapi tim yang memiliki pertahanan rapat.

Perkiraan Pemain

Southampton (4-4-2): McCarthy (GK), Danso, Bednarek, Höjbjerg, Soares (DF), Romeu, Ward-Prowse, Djenepo, Boufal (MF), Obafemi, Redmond (FW)

Manchester United (4-2-3-1): De Gea (GK), Maguire, Lindelof, Shaw, Wan-Bissaka (DF), McTominay, Pogba, Rashford, Lingard, Mata (MF), Martial (FW)