Prediksi Premier League Liverpool vs Arsenal 24 Agustus 2019

Prediksi Premier League Liverpool vs Arsenal 24 Agustus 2019

Melalui dua laga awal dengan sempurna menjadi modal utama bagi Liverpool ketika akan menjamu Arsenal di Anfield pada lanjutan Premier League akhir pekan ini. Laga kedua tim yang menempati posisi pertama dan kedua Premier League ini diprediksi akan berjalan cukup intens dan seru karena kedua tim merupakan tim dengan filosofi menyerang selain itu hasil keduanya akan menentukan apakah pada pekan ketiga Premier League sudah tidak ada tim yang mempertahankan hasil sempurna atau diantara kedua tim tersebut yang akan mempertahankan hasil sempurnanya.

Kedua tim ini memiliki head to head yang cukup seimbang yang dimana berbagi 20 kemenangan untuk Livepool, 15 kemenangan untuk Arsenal dan 19 kali bermain imbang dari 54 pertemuan di Premier League. Walaupun memiliki head to head yang cukup seimbang akan tetapi tidak dipungkiri bahwa dalam 3 tahun terakhir, Liverpool telah menjelma menjadi salah satu kekuatan terkuat di Premier League selain Manchester City dengan merekrut pemain tepat sesuai dengan yang mereka inginkan sedangkan Arsenal masih berkutat dengan masalah klasik mereka yaitu inkonsistensi dan juga perekrutan pemain yang terkadang blunder.

Prediksi Premier League Liverpool vs Arsenal 24 Agustus 2019
Prediksi Premier League Liverpool vs Arsenal 24 Agustus 2019

Liverpool pada pertandingan ini akan bertindak sebagai tuan rumah. Pada musim ini, The Reds tetap mempertahankan komposisi pemain musim lalu tanpa melakukan perekrutan pemain baru. Hal tersebut sepertinya berdampak positif karena Liverpool berhasil tampil cukup solid dan langsung tancap gas dari pekan pertama. Trio depan Firmino, Mane dan Salah akan kembali menjadi ancaman bagi Arsenal seperti laga terakhir mereka yang dimana berakhir dengan skor 5-1 untuk Liverpool. Trio depan tersebut berhasil memporak-porandakan lini pertahanan Arsenal yang memang menjadi titik lemah Arsenal selama berberapa musim terakhir.

Satu-satunya titik lemah Liverpool pada musim ini adalah terletak pada absennya Alisson yang cedera. Kiper pengganti yaitu Adrian diragukan memiliki kapasitas untuk menutupi absennya kiper asal Brazil tersebut. Bahkan mantan kiper West Ham tersebut sempat membuat blunder ketika menghadapi Southampton. Absennya Alisson tentunya membuat Liverpool tidak bisa tampil seeksplosif musim lalu yang dimana 2 wing back yang mereka miliki sering membantu serangan hal ini terlihat pada pertandingan melawan Southampton yang dimana Alexander-Arnold dan Robertson lebih banyak menjaga posisi mereka untuk mencegah serangan balik dari lawan mereka.

Arsenal walaupun terlihat tidak diunggulkan akan tetapi tidak berarti tim Meriam London ini dapat dianggap remeh. Walaupun memiliki banyak kelemahan terutama di lini pertahanan akan tetapi Unai Emery memiliki keunggulan pada sisi serangan balik dari sayap yang dapat saja merepotkan Liverpool. Hal yang harus dilakukan Arsenal adalah bersabar menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan cepat ketika dua wing back Liverpool naik membantu serangan seperti yang dilakukan ketika mencetak gol satu-satunya di Anfield pada musim lalu dengan memanfaatkan kekosongan pemain di sisi lapangan Liverpool.

Dengan mengandalkan pemain sayap dengan kecepatan yang cukup baik seperti Aubameyang dan rekrutan baru Nicolas Pepe, Arsenal dapat membangun serangan yang cepat dari kedua sayap nya. Serangan dari dari sayap tersebut akan semakin berbahaya jika Lacazette dapat melakukan tugasnya untuk memecah fokus dari pertahanan Liverpool yang saat ini memiliki salah satu pemain bertahan terbaik di dunia yaitu Virgil Van Dijk. Untuk lini tengah sendiri tentunya sulit untuk mengharapkan hal lebih dari lini tengah karena lini tengah Liverpool menerapkan sistem high press yang akan membuat lini tengah arsenal sulit untuk mengembangkan permainan. Tugas terbesar dari lini tengah Arsenal adalah merusak ritme permainan Liverpool yang akan dibangun oleh Fabinho atau Wijnaldum. Jika untuk berusaha mendominasi lini tengah seperti musim lalu maka Arsenal akan melihat melihat bagaimana mereka akan mengulangi kesalahan yang sama musim lalu.

Laga ini akan berjalan dengan sangat ketat antara kedua tim. Liverpool sejauh ini masih di atas angin jika melihat komposisi pemain yang mereka miliki walaupun Alisson absen pada pertandingan ini. Arsenal sendiri kemungkinan hanya akan berharap dapat melakukan counter dengan mengandalkan kecepatan dari Aubameyang dan Pepe sekaligus mengharapkan kiper pengganti Alisson yaitu Adrian kembali melakukan kesalahan.

Perkiraan Formasi

Liverpool (4-3-3) : Adrian (GK), Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold, Roberton (DF), Fabinho, Wijnaldum, Henderson (MF), Salah, Mane, Firmino (FW)

Arsenal (4-2-3-1) : Leno (GK), Luiz, Sokratis, Kolasinac, Maitland-Niles (DF), Xhaka, Ceballos, Pepe, Aubameyang, Mkhitaryan (MF), Lacazette (FW)