Prediksi La Liga Athletic Bilbao VS Barcelona 17 Agustus 2019

Prediksi La Liga Athletic Bilbao VS Barcelona 17 Agustus 2019

Pada laga pembuka La Liga Primera Division, Barcelona sudah harus menjalani laga yang cukup berat yaitu berkunjung ke kandang kuda hitam Athletic Bilbao, San Mames.

Barcelona sebagai juara bertahan sekaligus kandidat juara terkuat La Liga musim ini tentunya tidak ingin kehilangan poin mengingat pada pertandingan musim lalu Barcelona gagal mendulang poin penuh ketika menghadapi Athletic Bilbao pada pertandingan kandang ataupun kandang. Selain itu Athletic Bilbao juga merupakan tim yang cenderung dikenal sebagai tim yang menyulitka Barcelona karena kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao lebih sering dengan keunggulan tipis.

Prediksi La Liga Athletic Bilbao VS Barcelona 17 Agustus 2019
Prediksi La Liga Athletic Bilbao VS Barcelona 17 Agustus 2019

Secara tim, Athletic Bilbao cukup berbeda dengan Barcelona. Jika raksasa Catalan tersebut saat ini mengandalkan bursa transfer untuk memperkuat tim, maka klub Athletic Bilbao lebih memilih mempromosikan pemain muda mereka ke tim utama. Musim ini saja terdapat 4 pemain muda dari tim 2 Athletic Bilbao yang berkompetisi di Segunda Division B yang dipromosikan oleh pelatih Gaizka Garitano. Dengan mengandalkan produk asli akademi nya tersebut, Athletic Bilbao berhasil menjadi tim yang cukup solid. Sebagai buktinya, tim yang berjulus Les Leones ini masih dapat bertengger di posisi ke-8 La Liga musim lalu. Permainan yang lebih solid tentunya akan ditunjukan musim ini untuk menargetkan tiket ke Europa League.

Kemenangan atas Barcelona merupakan hal yang kemungkinan sulit untuk dicapai akan tetapi mengamankan 1 poin tentunya sangat realistis terutama melihat komposisi pemain yang cukup baik dan berpengalaman di La Liga. Kombinasi penyerang Inaki Williams dan Aritz Aduriz akan menjadi ancaman nyata bagi Barcelona dengan ditopang oleh dua pemain sayap yaitu Iker Muniain dan Ibai Gomez. Kedua pemain sayap tersebut sudah baik dalam mengirim umpan silang ke kotak penalti yang selama ini menjadi kelemahan Barcelona.

Barcelona sendiri tentunya ingin melakukan start yang sempurna di La Liga musim ini. Setelah menghabiskan lebih dari Rp 3 triliun pada bursa transfer musim ini dengan mendatangkan Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong tentunya, El Barca mengharapkan superioritas di La Liga dibandingkan tim lain. Angka penuh pada laga ini akan menjadi target utama walaupun secara umumnya, pertandingan perdana akan menjadi pertandingan sulit bagi setiap tim karena berbagai faktor mulai dari kesiapan tim, adaptasi pemain baru hingga kondisi fisik.

Pelatih Ernesto Valverde sendiri pada laga perdana ini juga tidak dapat mempersiapkan tim secara 100 persen karena bintang Barcelona, Lionel Messi yang mengalami cedera sehingga harus ditepikan terlebih dahulu. Absennya Messi sepertinya tidak akan menjadi masalah karena Valverde masih memiliki Dembele yang dan rekrutan baru Griezmann untuk menemani Luis Suarez di depan. Sektor yang paling disoroti adalah sektor lini tengah yang dimana menjadi salah satu lini tengah terbaik di dunia saat ini. Trio Frenkie de Jong, Sergio Busquets dan Ivan Rakitic.

Secara kualitas, kedua tim tentunya tidaklah seimbang. Barcelona dengan dana yang melimpahnya tentunya dapat melakukan pergerakan bebas di bursa transfer sehingga dapat mendapatkan pemain berkualitas seperti Griezmann dan De Jong. Berbeda dengan Athletic Bilbao yang hanya mengandalkan pemain asli binaan klub. Walaupun secara kualitas berbeda, Barcelona selalu kesulitan ketika bertandang ke San Mames. Histori dan juga faktor laga perdana akan membuat laga antara kedua tim menjadi sulit di tebak.

Perkiraan Permain

Athletic Bilbao (4-4-2) : Simon (GK), Alvarez, Nunez, Martinez, De Marcos (DF), Extebarria, R. Garcia, Muniain, Cordoba (MF), Williams, Aduriz (FW)

Barcelona (4-3-3) : Ter Stegen (GK), Pigue, Lenglet, Semedo, Alba (DF), Busquets, Rakitic, De Jong (MF), Dembele, Griezmann, Suarez (FW)